Halaman

CARA MENGATUR DAN MENGGUNAKAN ISO



ISO itu adalah pengaturan untuk menentukan tinggi rendahnya cahaya pada hasil foto Anda. Saya menguraikan definisi tersebut dalam kalimat yang mudah Anda pahami. Apa benar definisi ISO di atas sudah bisa Anda pahami? Kalau iya, baik, kita lanjut.

Seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa tidak selalunya Anda berhadapan dengan kondisi cahaya yang cukup terang. Akan ada saat dimana Anda memotret dalam ruangan atau di malam hari. Pada kondisi seperti itu cahaya sangat minim dan Anda membutuhkan pengaturan dukungan dari ISO untuk memaksimalkan kualitas cahaya pada foto Anda.

Memang ada cara lain untuk menghadapi kondisi yang kurang cahaya yaitu dengan mengatur shutter speed menjadi lambat agar banyak cahaya yang masuk ke sensor. Akan tetapi trik ini memiliki resiko terjadi motion blur pada hasil foto Anda. Oleh sebab itu mengatur ISO tinggi adalah solusinya tapi itupun juga memiliki resiko timbulnya noise pada foto.

Mengapa tidak menggunakan bantuan flash?
Tidak semua orang menyukai hasil foto menggunakan bantuan flash, dan tidak setiap situasi cocok menggunakan flash. Karena ini tentang ISO maka artikel ini membahas cara memanfaatkan ISO sebagai solusi bukan dengan flash.


Nilai ISO
Nilai ISO memiliki kelipatan "x2" dan ISO default atau terendah adalah 100. Sedangkan kelipatannya yaitu 200, 400, 800, 1600, 3200, 6400, dan seterusnya. Kelipatan atau tingkatan ISO tersebut disebut dengan istilah "stop". Jadi! Jika ada yang menyebut "naik 1-stop" maka berarti ISOnya naik dari nilai 100 ke 200 dan seterusnya berlaku kelipatan.

Nilai ISO Ideal
Sulit menentukan mana nilai ISO ideal karena itu tergantung kebutuhan dan kondisi cahaya ditempat Anda memotret. Namun untuk menghasilkan foto dengan "kualitas aman (tidak noise)" maka Anda bisa menggunakan ISO antara 100-400. ISO tertinggi yang disarankan agar tidak menimbulkan noise yaitu 800. Akan tetapi ada pula kondisi dimana Anda membutuhkan ISO hingga 3200. Kesimpulannya semua tergantung kebutuhan Anda dan situasi pencahayaan yang Anda hadapi.
Cara Mengatur ISO
Berbeda dengan cara mengatur shutter speed dan aperture, selain mode auto, Anda bisa leluasa mengatur ISO pada mode manual exposure (M), shutter priority (Tv atau S), aperture priority (Av atau A), bahkan mode program (P). Pada menu dalam monitor LCD, menu ISO berdekatan dengan menu shutter speed dan aperture. Jadi seharusnya ini sangat mudah bagi Anda menemukan 3 pengaturan tersebut. Adapun cara untuk mengatur ISO silahkan Anda perhatikan gambar di bawah ini:

Pilih menu ISO sesuai dengan gambar di atas (lihat yang saya lingkari) dan silahkan pilih nilai ISO sesuai yang Anda butuhkan

Tidak ada komentar:

DMCA.com Protection Status
Disclaimer Privacy Policy