KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMUNIKASI
Program Keahlian : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
Paket Keahlian : MULTIMEDIA
Mata Pelajaran : SISTEM KOMPUTER
KELAS:
X
Jumlah
Jam Pelajaran: 4
jp x 36 minggu
efektif
Tujuan Kurikulum mencakup
empat Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan,
dan Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui
pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menganalisis sistem bilangan (Desimal, Biner, Heksadesimal)
|
4.1 Mengkonversikan sistem bilangan (Desimal,
Biner, Heksadesimal) dalam memecahkan masalah konversi
|
3.2 Membedakan relasi logika dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND,
OR);(NOR,NAND,EXOR,EXNOR);(Flip Flop, counter)
|
4.2 Merangkai fungsi
gerbang logika dasar, kombinasi dan
sekuensial (NOT, AND,
OR);(NOR,NAND,EXOR,EXNOR);melalui ujicoba (Flip Flop, counter)
|
3.3 Menerapkan
fungsi operasi logika Aritmatik
(Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
|
4.3 Mempraktikkan
fungsi operasi Logik Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
|
3.4 Mengklasifikasikan
rangkaian
Multiplexer, Decoder, Register
|
4.4 Mengoperasikan
aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit (Multiplexer, Decoder, Register)
|
3.5
Memahami blok diagram
dari sistem mikro komputer
(arsitektur komputer)
|
4.5 Menyajikan
gambar minimal sistem mikro komputer berdasarkan blok diagram dan sistem
rangkaian
|
3.6
Memahami Perangkat
Eksternal / Peripheral
|
4.6 Merangkai
perangkat eksternal dengan consule unit
|
3.7
Menganalisis
memori berdasarkan karakteristik sistem memori (lokasi,kapasitas, kecepatan,cara akses,tipe fisik)
|
4.7 Menyajikan
alternatif kebutuhan untuk memodifikasi beberapa memori dalam sistem komputer
|
3.8
Memahami beberapa memori semikonduktor (GAL/PAL,RAM, ROM, PROM, EPROM,
EEPROM, EAPROM)
|
4.8 Mencoba/eksperimen
sistem bilangan pada memori semikonduktor (adress dan data)
|
3.9
Menganalisa Struktur CPU dan fungsi CPU
|
4.9 Membuat
Rangkaian internal CPU
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar