Halaman

Kompetensi inti dan kompetensi Dasar Sistem Komputer 2019


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian         : TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMUNIKASI
Program Keahlian       : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
Paket Keahlian           : MULTIMEDIA
Mata Pelajaran           : SISTEM KOMPUTER

KELAS: X
Jumlah Jam Pelajaran: 4 jp x 36 minggu efektif
Tujuan Kurikulum mencakup empat Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis sistem bilangan (Desimal, Biner, Heksadesimal)

4.1 Mengkonversikan sistem bilangan (Desimal, Biner, Heksadesimal) dalam memecahkan masalah konversi
3.2 Membedakan relasi logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR);(NOR,NAND,EXOR,EXNOR);(Flip Flop, counter)

4.2 Merangkai fungsi gerbang logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR);(NOR,NAND,EXOR,EXNOR);melalui ujicoba (Flip Flop, counter)
3.3 Menerapkan fungsi operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)

4.3 Mempraktikkan fungsi operasi Logik Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
3.4 Mengklasifikasikan rangkaian Multiplexer, Decoder, Register
4.4 Mengoperasikan aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit (Multiplexer, Decoder, Register)
3.5 Memahami blok diagram dari sistem mikro komputer (arsitektur komputer)
4.5 Menyajikan gambar minimal sistem mikro komputer berdasarkan blok diagram dan sistem rangkaian
3.6 Memahami Perangkat Eksternal / Peripheral
4.6 Merangkai perangkat eksternal dengan consule unit
3.7 Menganalisis memori berdasarkan karakteristik sistem memori (lokasi,kapasitas, kecepatan,cara akses,tipe fisik)
4.7 Menyajikan alternatif kebutuhan untuk memodifikasi beberapa memori dalam sistem komputer
3.8 Memahami beberapa memori semikonduktor (GAL/PAL,RAM, ROM, PROM, EPROM, EEPROM, EAPROM)
4.8 Mencoba/eksperimen sistem bilangan pada memori semikonduktor (adress dan data)
3.9 Menganalisa Struktur CPU dan fungsi CPU
4.9 Membuat Rangkaian internal CPU


Tidak ada komentar:

DMCA.com Protection Status
Disclaimer Privacy Policy