Halaman

CONTOH RPP SISTEM KOMPUTER


RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                    : SMK
Mata Pelajaran         : Sistem Komputer
Kelas/Semester        : X/1
Alokasi Waktu         : 1 x 1jp @45menit


A. Kompetensi Inti

3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

B. Kompetensi Dasar
3.1. Menganalisis sistem bilangan (Desimal, Biner, Heksadesimal,oktal)
4.1.Mengkonversikan sistem bilangan (Desimal, Biner, Heksadesimal, oktal) dalam memecahkan masalah konversi
C.  Indikator Pencapaian Kompetensi

·         Memahami sistem bilangan biner dalam kehidupan sehari-hari

D.    Tujuan Pembelajaran
·         Melalui pengamatan visual peserta didik mampu Menjelaskan bentuk bilangan biner dalam kehidupan sehari-hari


E.  Materi Pembelajaran
(Rincian dari Materi Pokok Pembelajaran)
·         Bentuk bilangan biner dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan konteks

F.   Pendekatan, Model dan Metode
            Pendekatan      :   CTL (Contextual Teaching and Learning)
            Model              :   discovery learning,
            Metode            :   brainstorming, ceramah, diskusi

G.  Media, Alat/ Bahan, dan Sumber Belajar
Media
ü  Proyektor
ü  Laptop
ü  Papan tulis,spidol,penghapus
Alat/bahan
ü  Digital post test
ü  Slide powerpoint
ü  Lembar soal evaluasi
Sumber belajar
ü  Buku digital sistem komputer untuk SMK Kelas X, Kemdikbud

H. Kegiatan Pembelajaran

NO
TAHAPAN
STRATEGI KEGIATAN
DURASI
GURU
PESERTA DIDIK

1
Pendahuluan

Salam pembuka
Guru masuk kelas tepat waktu dan mengucapkan salam.
Peserta didik menjawab salam dari guru dengan sopan dan santun (Penumbuhan karakter
budaya sekolah tentang
disiplin dan religius)
10’

Berdoa
Guru mengajak peserta didik untuk berdo’a dengan menunjuk ketua kelas untuk memimpin do’a
Ketua kelas memimpin do’a saat pembelajaran akan dimulai. (Penumbuhan karakter religius).

Presensi

Guru meminta peserta didik merapihkan pakaian dan tempat duduk

Guru mengisi agenda kelas dan mengabsen Peserta Didik.

Peserta didik merapihkan pakaian



Peserta didik mengkonfirmasi kehadiran, dan memberitahu apabila ada yang tidak masuk kelas

Apersepsi
Guru menanyakan kesiapan peserta didik dalam menerima materi pelajaran

Peserta didik menjawab pertanyaan dengan serius dan bersikap siap untuk mengikuti pembelajaran


Penyampaian
tujuan dari
kegiatan pembelajaran

Guru memberikan
informasi mengenai
kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan

Peserta Didik mengamati
menalar informasi
mengenai materi, tujuan, manfaat dan langkah pembelajaran dengan seksama

2
Kegiatan Inti

Stimulus

Guru menyajikan slide/ppt pembelajaran berupa gambaran umum sistem bilangan

Guru menampilkan digital post tes

Peserta didik mengamati tayangan slide/visual dengan seksama


Peserta didik menjawab post tes

30’

Identifikasi masalah

Guru menjelaskan kepada peserta didik tentang salah satu sistem bilangan yaitu biner, dan hubungan nya dalam kehidupan sehari hari

Peserta didik memberikan pendapat/tanggapan dari penjelasan guru tentang bilangan biner


Identifikasi masalah

Guru memberikan  pertanyaan secara individu terkait bilangan biner

Peserta didik secara individu menjawab pertanyaan baik secara lisan maupun tulisan


Pengumpulan informasi

Guru mengarahkan peserta didik untuk mencari informasi / bahan dari internet seperti:
- penerapan bilangan biner dalam kehidupn sehari hari  

Peserta didik mengumpulkan informasi berupa peman faatan  sistem bilangan


Pembuktian
Guru memberikan pertanyaan pengarah terkait bilangan biner

Siswa menjawab pertanyaan pengarah


Kesimpulan

Guru melakukan refleksi sistem bilangan biner

Peserta didik memperhatikan kesimpulan guru

3
Kegiatan Penutup

Penutup

Guru memberikan tugas untuk minggu depan

5’

Tidak ada komentar:

DMCA.com Protection Status
Disclaimer Privacy Policy