Halaman

CARA MENGATUR DAN MENGGUNAKAN SHUTTER SPEED


Shutter speed atau kecepatan rana merupakan salah satu elemen / pengaturan yang diperlukan untuk membentuk sebuah eksposur (exposure). 

Saat Anda menekan tombol shutter untuk memotret, maka shutter (rana) akan terbuka lalu tertutup kembali dengan rentang waktu tertentu. Nah! Lamanya waktu shutter atau rana itu terbuka lalu tertutup kembali itulah yang dimaksud dengan shutter speed atau kecepatan rana. 

Pada mode Manual Exposure (M) atau Shutter Priority (S/Tv), Anda bisa mengatur shutter speed secara manual sesuai dengan keinginan Anda. Berikut contoh gambar ketika shutter speed bekerja:



Sensor kamera ditutupi (diblok) oleh shutter atau rana sehingga terkadang shutter ini juga disebut sebagai "shutter plane". Sedangkan didepan sensor dan shutter tersebut terdapat "mirror" yang berfungsi merefleksikan adegan ke pentaprisma lalu dipantulkan lagi ke viewfinder. Nah! Ketika Anda menekan tombol shutter untuk memotret, maka posisi mirror naik ke atas (lock-up) lalu shutter terbuka, dan pada saat itulah sensor merekam adegan (pengambilan gambar). Kemudian pada saat yang bersamaan pula "cahaya" akan ikut masuk melalui lensa menuju sensor. Oleh sebab itu cepat lambatnya waktu shutter bekerja juga mempengaruhi kualitas pencahayaan pada hasil gambar. Kesimpulannya yaitu semakin lama waktu shutter atau rana terbuka dan tertutup, maka semakin besar peluang cahaya yang masuk dan menghasilkan foto yang terang.

Bagaimana cara menggunakan shutter speed?

Sebelumnya Anda harus tahu kalau untuk mengatur shutter speed secara manual tidak bisa dilakukan pada mode Auto atau Program (P), melainkan pada mode Manual Exposure (M) atau mode Shutter Priority. Pada kamera Canon, mode Shutter Priority ditulis dalam simbol (Tv), sedangkan pada Nikon dan kebanyakan kamera lainnya ditulis dalam simbol (S). Jadi, langkah pertama silahkan putar tombol mode-dial pada kamera Anda dan pilih mode manual (M) atau Tv (pada Canon) atau S (pada Nikon). Perhatikan gambar dibawah ini: 


Selanjutnya Anda akan melihat nilai shutter speed tampil di monitor LCD kamera. Perhatikan gambar di bawah ini.


Silahkan Anda pilih menu shutter speed (lihat yang saya lingkari) lalu ganti kecepetannya sesuai kebutuhan Anda. Jika ingin memotret gerakan cepat (olahraga atau kendaraan berjalan) maka Anda membutuhkan shutter speed yang sangat cepat pula yaitu kisaran 1/500 - 1/1000. Namun jika Anda memotret subjek diam maka nilai aman untuk mendapatkan hasil yang baik dan mencegah "hand shake (getaran oleh tangan)" yaitu gunakan shutter speed 1/100 - 1/250. Nilai-nilai tersebut sifatnya kondisional, bisa saja berbeda dengan kebutuhan pemotretan di lapangan.

Saat mengatur shutter speed Anda harus mengingat kembali fungsi dan cara kerjanya serta perhatikan juga resikonya. Contohnya, pada kondisi kurang cahaya dengan shutter speed yang sangat cepat tentunya cahaya yang diterima oleh sensor akan sedikit dan hasil foto Anda akan cenderung gelap.

Tidak ada komentar:

DMCA.com Protection Status
Disclaimer Privacy Policy